0321 863151
info@mtsn2jombang.com
Jl. Rejoso Ponpes Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang Jawa Timur

Sejarah SIngkat

Sejarah SIngkat

Pondok Pesantren Darul 'Ulum  Rejoso Peterongan Jombang adalah suatu lembaga keagamaan yang didirikan oleh KH. Tamim Irsyad dari Madura pada tahun 1885 M. Beliau merupakan pembabat tanah pertama di desa Rejoso, kemudian diteruskan oleh putra dan cucu beliau sampai sekarang.

Pada saat itu Pondok Pesantren Darul 'Ulum  Rejoso Peterongan Jombang memiliki lembaga pendidikan dari tingkat MI sampai dengan tingkat lanjutan. Saat itu nama pendidikan tingkat lanjutan adalah Madrasah Muallimin (putra) dan Madrasah Muallimat (putri).

Dalam perkembangan zaman tahun 1963 Madrasah Muallimin tersebut diubah menjadi Pendidikan Muallimin Pertama (PMP) untuk tingkat SMP dan Pendidikan Muallimin Atas (PMA), yang akhirnya baik PMP maupun PMA keduanya untuk murid putra dan putri.

Pada tahun 1968, KH. Moh. Dahlan sebagai Menteri Agama Republik Indonesia mengatakan bahwa Pendidikan Agama Swasta, memberikan peluang apabila menginginkan merubah status dari swasta ke negeri. Maka Pondok Pesantren Darul 'Ulum mengambil kebijaksanaan menegerikan sekolah-sekolah yang ada di lingkungan Departemen Agama. Dari MI sampai MA dan dari Pendidikan Muallimin Pertama (PMP) ke  MTsAIN dan dari Pendidikan Muallimin Atas (PMA) ke MAAIN dan PGAN 4th. Penegerian MTsAIN dan MAAIN untuk murid tahun pertama putri saja, sedangkan murid putra tingkat pertama menjadi SMP dan tingkat atas menjadi SMA.

Dua tahun berikutnya dibuka MTsAIN dan MAAIN untuk putra dan putri. Pada tahun 1978 sesuai dengan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, maka MTsAIN diganti namanya menjadi MTsN Rejoso Peterongan 1 dan penghapusan PGAN 4 tahun menjadi MTsN Rejoso II.

Pada saat MTsN Rejoso II dialokasikan ke Karang Asem Bali, maka murid dan gurunya dimutasikan ke MTsN Rejoso Peterongan I Jombang.

Dalam perkembangannya, Madrasah Tsanawiyah yang pertama didirikan ini, banyak tantangan dan hambatan, seperti belum memiliki gedung dan guru sendiri. Namun pada akhirnya Madrasah Tsanawiyah ini berkembang pesat.

Tahun 1983 MTsN Rejoso mendapatkan proyek pembangunan gedung sebelah utara dari kantor ( lihat deanah sekolah ). Tahun 1992 mendapat proyek pembangunan gedung  4 lokal sebelah selatan kantor, dan  pada tahun 2003  mendapat proyek bangunan gedung 3 lokal yang di bangun di depan laboratorium computer.

Kepala Madrasah yang pernah menduduki jabatan sebagai Kepala MTsN 2 Jombang, diantaranya :

  1. Bapak Baiduri Luqman (1968 s.d 1977 ),
  2. Bapak Kasijan ( 1978 s.d 1995)
  3. Bapak Abu Mansyur ( 1995 s.d 1997 ),
  4. Bapak A. Rifa’i Dimyathi, SH. ( 1997 s.d 1999 )
  5. Ibu Hj. Umi Sa’adah ( 1999 s.d 2008 ).
  6. Ibu Mulyaningsih Sri Andayani, S.Pd ( 2008 s.d  sekarang)

Artikel Populer